Asrama itu gak enak?

Assalamu’alaikum. Halo semuaa…

Kali ini saya ingin bercerita bagaimana kesan saya selama tinggal di asrama Unand dari awal masuk sampai sekarang. Sebelumnya saya mau ngasih tau seputar asrama di Unand dulu nih. Jadi di Unand itu ada 5 asrama, 2 asrama putra dan 3 asrama putri. Asrama putri itu ada asrama Hijau, asrama Oren, dan asrama RPX. Nah, asrama yang saya tempati sekarang ini adalah asrama Hijau tercinta, yang terbaru dan yang terbesar di antara yang lain hehe..

Jadi pas sebelum saya tau kalo semua calon bidikmisi itu wajib tinggal di asrama (saya pikir yang udah keterima aja), saya sangat berharap bisa diterima bidikmisi dan tinggal di asrama, karna kalo ngekos kan belom tau daerahnya juga, terus tinggal sama siapa, juga biayanya nambah lagi. Nah pas saya tau kalo semua calon bidikmisi itu wajib tinggal di asrama, perasaan saya legaaa banget.

Nah tibalah masanya untuk Check-In ke asrama. Waktu itu kan dipanggil satu satu gitu buat didata, terus ada tuh pertanyaan dari Uninya “sholat subuhnya masih bolong bolong apa udah lancar?”, yaa saya jujur aja sih, terus saya jawab “masih bolong bolong”. Memalukan memang. Tapi yang penting jujurlah heee 😀

Di hari itu juga saya mendengar desas desus segelintir peraturan di asrama, dan yang bikin saya shock sampe ga percaya itu adalah wajib memakai rok kemana mana. Kenapa saya bisa se-shock itu? Karna biasanya saya kemana mana pake celana, terutama skinny jeans. Dan ga pernah pake rok kecuali sekolah. Dari sini sebenernya saya sudah curiga bakal ga betah, karna saya orangnya ga biasa diatur atur kaya gitu. Biasa dibebasin.

Dan bener aja, minggu minggu pertama di asrama saya jalani dengan berat hati, berbagai alasan saya ungkapkan kepada orangtua saya, alasan peraturannya yang ketat lah, alasan harus bangun pagi banget lah, alasan kumpul sampai malem lah, alasan banyak tugas dari asrama, dan banyak alasan lainnya. Sampai saya berkali kali mikir gimana caranya saya harus keluar dari asrama (duuhh parah banget emang). Tapi seiring berjalannya waktu ternyata alasan satu satunya yang masuk akal adalah karna ini pertama kalinya saya tinggal jauh dari orangtua (fyi orangtua saya itu ada di Jakarta).  Memang benar kata orang, kita baru merasakan betapa berartinya seseorang itu saat orang itu sudah tidak ada atau seenggaknya tidak berada di dekat kita.

Setelah saya mengetahui kendala utama saya, dan itu bukan hal yang berkaitan dengan asrama, akhirnya saya mulai mengubah cara pandang saya dari yang tadinya negative thinking menjadi postive thinking. Dan ternyata memang banyak keuntungan keuntungan dari tinggal di asrama ini. Kalau dari letak geografis yaa dekat dengan kampus, enak pulang perginya ga jauh, kalo dari segi sosialnya saya bisa berteman dengan orang orang dari berbagai daerah dan berbagai fakultas yang disatukan di asrama tercinta ini, nah kalo dari segi agamanya, sholat subuh saya jadi ga bolong bolong lagi karna tiap pagi sholat subuh berjamaah di mesjid Nurul ‘Ilmi, terus cara berpakaiannya sudah mulai berubah menjadi lebih tertutup, dan jika sebelumnya saya amat sangat jarang mengaji, sekarang sudah lumayanlah walaupun tidak terlalu sering, serta masih banyak ilmu dan manfaat lainnya yang saya peroleh dari tinggal di asrama ini.

Sekarang saya sudah betah tinggal di asrama. Jika dulu saya adalah orang yang sering bertanya “emang wajib banget ya bidikmisi tinggal di asrama?”, sebuah pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dan sudah saya ketahui. Tapi saking ga betahnya saya sampe tanya berkali kali. Sekarang saya hanya menjadi pendengar dari keluhan keluhan teman teman saya. Karna saya sudah merasa senang hati untuk tinggal di asrama ini :))

Jadi, hikmah yang dapat saya ambil dari pengalaman di atas adalah susah senangnya, sedih bahagianya, ribet simplenya sesuatu itu semua bergantung pada cara kita memandang sesuatu itu, kalau kita memandang itu buruk ya akan begitulah yang kita rasakan, tapi kalo kita memandang itu baik, ya akan baik jugalah yang kita rasakan. Ada quotes nya nih…

Life’s only as good as your mindset

Waahh panjang juga yaa ceritanya haha :D, yasudah sekian dulu cerita saya kali ini, mudah mudahan bisa bermanfaat. Sampai jumpa di post selanjutnya :))

Wassalamu’alaikum.

Satu respons untuk “Asrama itu gak enak?

Add yours

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Atas ↑